CD Mirandes, Klub Kasta Bawah yang Siap Menantang Real Madrid atau Barcelona


Football5star.com, Indonesia – Klub kasta bawah Liga Spanyol, CD Mirandes tak diduga mampu menembus babak semifinal Copa del Rey. CD Mirandes lolos ke babak empat besar setelah menang 4-2 atas Villarreal, Kamis (6/2/2020).


Thursday January 01, 1970

Memastikan lolos ke babak empat besar Copa del Rey, klub dengan julukan Los Rojillos ini sangat berpeluang untuk menantang Real Madrid atau Barcelona. Dua klub superior Liga Spanyol ini sendiri belum memastikan diri ke babak semifinal.


Thursday January 01, 1970

Real Madrid harus mengalahkan Real Sociedad sementara Barcelona wajib menaklukkan perlawanan Athletic Bilbao di babak perempat final Copa del Rey yang akan berlangsung, Jumat (7/2).


Thursday January 01, 1970

Getty Images

Klub yang berdiri 3 Mei 1927 ini jadi satu-satunya lub non-Divisi Primera yang lolos ke empat besar Copa del Rey musim ini. Mereka juga jadi wakil non-Divisi Primera pertama yang lolos ke semifinal dalam delapan musim terakhir. Menariknya, mereka jugalah yang terakhir melakukan hal itu pada 2011-12.

Saat ini, CD Mirandes tercatat berada di Divisi Segunda A, kompetisi kasta ketiga di Spanyol. Menarik memang jika melihat sepak terjang klub yang diarsiteki oleh Andoni Iraola tersebut.

Gabungan dari banyak klub

CD Mirandes merupakan klub yang berdiri dari gabungan sejumlah klub. Klub ini merupakan afiliasi dari klub-klub seperti El Deportivo Mirandes, Sporting Club Mirandes, Deportivo SC, dan Miranda Union Club.

Pada 3 Mei 1927 setelah turnamen bertajuk Saint John of the Mountain, Arturi Garcia del Rio mengajak klub-klub tersebut melebur menjadi satu dengan membentuk CD Mirandes. Pada awal pembentukan, pemilik masing-masing klub tersebut seperti dikutip Football5star.com dari cdmirandes.com menyetorkan dana awal sebesar 15 pesetas atau setara dengan Rp 1,5 juta.

Pendiri Federasi sepak bola La Rioja

Sepak terjang dari CD Mirandes di sepak bola Spanyol tak bisa dipandang sebelah mata. Klub ini tercatat menjadi salah satu pendiri berdirinya Federasi sepak bola La Rioja, wilayah yang memiliki otonomi khusus seperti Catalan. Tiga tahun setelah pendirian federasi sepak bola La Rioja, CD Mirandes sukses meraih trophy pertama dengan meraih juara divisi tiga Spanyol.

Dilatih mantan pemain Bilbao

Melesatnya CD Mirandes hingga babak empat besar Copa del Rey tak lepas dari peran sang pelatih, Andoni Iraola. Ia merupakan mantan wing back Athletic Bilbao. Peran Iraola di tim asal Basque itu cukup vital.

Iraola adalah bagian Bilbao saat mampu menjadi runner up Copa del Rey dan Liga Europa pada 2011/12. Setelah memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak di Bilbao pada 2015, Iraola sempat bermain di MLS memperkuat New York City.

Mantan pemain tim Basque tersebut dikontrak oleh Mirandes pada 2019. Sebelumnya ia menjadi pelatih untuk tim asal Cypurs, AEK Lamanca.

The post CD Mirandes, Klub Kasta Bawah yang Siap Menantang Real Madrid atau Barcelona appeared first on Berita Bola Terupdate, Live Score, Transfer, Jadwal & Klasemen.