Espanyol vs Barcelona: Wu Lei Lagi-Lagi Guratkan Catatan Emas


Football5Star.com, Indonesia – Pertandingan Espanyol vs Barcelona pada pekan ke-19 LaLiga, Sabtu (4/1/2020) berakhir dramatis. Kemenangan El Barca buyar hanya dua menit jelang laga usai gara-gara gol penyerang asal Cina, Wu Lei.


Thursday January 01, 1970

Gol itu pun sangat bersejarah. Wu Lei tercatat sebagai pemain Cina pertama yang mampu membobol gawang Barcelona. Bukan hanya pada kancah LaLiga, melainkan pada semua ajang kompetisi. Sudah barang tentu, catatan emas tersebut akan jadi kenangan indah bagi sang pemain.


Thursday January 01, 1970

Catatan emas bukan kali ini saja diguratkan Wu Lei. Sebelumnya, dua catatan emas telah dibuatnya. Pada 2 Maret 2019, pemain yang kini berumur 28 tahun itu menahbiskan diri sebagai pemain Cina pertama yang mencetak gol pada kancah LaLiga. Hal itu dilakukan ketika Espanyol menang 3-1 atas Real Valladolid.


Thursday January 01, 1970

1 – Wu Lei se ha convertido en el primer jugador chino en marcar en toda la historia de #LaLiga. Exótico pic.twitter.com/KWMlpecFrt— OptaJose (@OptaJose) March 2, 2019

Tujuh bulan berselang, tepatnya 3 Oktober 2019, catatan emas lain dibukukan Wu Lei. Kali ini pada ajang Liga Europa berkat golnya yang membawa Espanyol menang 2-0 di kandang CSKA Moskva. Dia menjadi pemain Cina pertama yang membuat gol pada babak utama ajang antarklub Eropa.

Pada awalnya, pembelian Wu Lei dari Shanghai SIPG pada akhir Januari 2019 dengan harga 2 juta euro dicibir banyak pihak. Transfer tersebut dinilai tak lebih dari langkah pemasaran klub. Namun, seiring perjalanan waktu, sang pemain membuktikan diri punya andil besar juga di lapangan.

1 – Wu Lei is the first Chinese player to score in any European competition ever (excluding Qualifyings). [email protected] #RCDEspanyol @EuropaLeague #UEL @UEFAcom pic.twitter.com/G0ouEKDNO9— OptaJose (@OptaJose) October 3, 2019

Kelme, apparel Espanyol, kewalahan ketika striker timnas Cina itu datang. Pasalnya, mereka menerima pesanan 5.000 kostum sang pemain. Popularitas klub pun terangkat. Laga debutnya melawan Villarreal ditonton oleh 40 juta orang di Cina.

Kini, Wu Lei dapat tersenyum lebar. Guratan berbagai catatan emas membuktikan label pencetak gol terbanyak Liga Cina 2018 bukan tanpa makna. Lagi pula, sejak awal pun, tekadnya adalah membuat banyak gol. “Hal pertama yang kupelajari untuk diucapkan dalam bahasa Spanyol adalah ekspresi mencetak gol,” kata dia pada hari pertamanya sebagai pemain Espanyol seperti dikutip Football5Star.com dari El Pais.

The post Espanyol vs Barcelona: Wu Lei Lagi-Lagi Guratkan Catatan Emas appeared first on Football5star Berita Bola.