Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Bintang LaLiga yang Jadi Petinggi Klub

Football5star.com, Indonesia – Kebanyakan pesepak bola yang sudah memutuskan untuk gantung sepatu akan alih profesi menjadi pelatih sepak bola. Namun tak sedikit juga yang justru masuk ke dalam jajaran manajemen klub sepak bola.


Thursday January 01, 1970

Hal itu juga yang dilakukan sejumlah bintang LaLiga. Pengalaman mereka di dunia sepak bola dibutuhkan klub untuk menjalankan sejumlah aktivitas. Mulai dari kerjasama bahkan mengambil keputusan penting dari klub tersebut.


Thursday January 01, 1970

Siapa saja kira-kira bintang LaLiga yang saat ini justru menjadi petinggi klub? Nama Eric Abidal di Barcelona tentu salah satunya. Kira-kira siapa lagi? Berikut ulasannya:


Thursday January 01, 1970

Ronaldo Nazário

Pada 3 September 2018 lalu mantan top skor Laliga, Ronaldo Nazário resmi membeli saham mayoritas klub Real Valladolid. Ronaldo mengeluarkan uang 30 juta euro atau sekira Rp516 miliar untuk membeli 51% saham kepemilikan Valladolid.

getty images

Ronaldo mengungkapkan bahwa alasannya membeli saham mayortas Valladolid adalah untuk membangkitkan kembali klub yang sempat terdegradasi tersebut.

“Kami ingin mengembangkan klub sejauh mungkin sebagaimana sama besarnya dengan antusiasme kami. Saya dapat meyakinkan Anda bahwa saya memiliki cinta di dalam diri saya untuk kota Valladolid dan Real Valladolid,” kata Ronaldo seperti dikutip dari marca, Kamis (23/4/2020).

Gheorghe Hagi

Selanjutnya ada bintang Barcelona, Gheorghe Hagi. Setelah pensiun, ia mengalihkan fokusnya ke klub FC Viitorul Constanta, dimana ia berperan sebagai pemilik dan pelatih klub tersebut.

Klub Viitorul sendiri memang didirikan oleh Hagi pada 2009 lalu. Sejak awal berdiri klub ini diprioritaskan untuk pengembangan pemain muda Rumania. Pada musim 2016-17, klub ini sukses meraih gelar juara Liga Rumania. Dua musim kemudian, klub ini juga sukses menyabet gelar Piala Rumania dan Piala SUper Rumania.

Josu Urrutia

Selanjutnya ada nama gelandang Josu Urrutia. Pria 52 tahun ini saat ini menjabat sebagai presiden klub yang pernah ia bela, Athletic Bilbao.

Pada 7 Juli 2011, Urrutia berhasil memenangkan pemilihan presiden Bilbao. Ia memperoleh 54 persen suara dan menjadi mantan pemain keempat Bilbao yang berhasil meraih jabatan ini.

Maret 2015, Urrutia kembali dipercaya jadi presiden Bilbao. Pada 2018, ia memilih untuk mundur sebagai presiden dan jabatannya saat ini diemban oleh Aitor Elizegi.

Delfí Geli

Mantan bek Girona, Delfí Geli juga menjadi mantan pemain LaLiga yang menjabat petinggi klub. Ia adalah presiden klub Girona. Ketika masih remaja, Geli memulai karirnya sebagai pemain bertahan untuk klub Girona FC dan melanjutkan perkembangan sepak bolanya bersama tim muda Barcelona.

Ia mencatatkan empat penampilan bersama timnas Spanyol, dan menjuarai double titel LaLiga dan Copa del Rey bersama Atlético di Madrid di musim 1995/96. Geli menutup karirnya di Girona; dan pada Juli 2015 dan pada Juli 2015, ia dipilih sebagai presiden klub.

David Beckham

Terakhir tentu saja ada bintang Real Madrid, David Beckham. Pada September 2018 lalu, melalui akun Instagram, Beckham memastikan klub baru miliknya bernama Club Internacional de Futbol Miami atau Inter Miami FC. Mantan pemain Real Madrid dan Los Angeles Galaxy itu mengaku bangga bisa mengumumkan nama klub barunya.

“Empat tahun lalu kami mengimpikan sebuah klub sepak bola. Hari ini, kami bangga mengumumkan nama dan lencana resmi tim baru kami. Club Internacional de Futbol Miami. Ini adalah kami. Ini adalah Miami,” tulis Beckham melalui Instagram.

Dikutip dari Reuters, Inter Miami dijadwalkan bermain di MLS mulai musim 2020. Inter Miami akan bermain di stadion sementara pada musim 2020 sebelum Stadion Miami Freedom Park resmi bisa digunakan pada 2021.

The post Kamu Pasti Gak Tahu! 5 Bintang LaLiga yang Jadi Petinggi Klub appeared first on Berita Bola Terupdate, Live Score, Jadwal & Klasemen – Football5star.com.